Situs Mengandung Malware

Malware (berasal dari kata malicious dan software) adalah perangkat lunak yang di ciptakan untuk atau merusak sistem komputer atau jaringan komputer tanpa izin dari pemilik.
Pengertian Malware sangat luas, karena bisa dari mana saja bisa dari email yang kita dapat untuk masuk ke komputer kita ataupun dari halaman yang kita baca sehingga menggangu komputer kita. 

Pernahkan Anda mendapatkan pesan notifikasi seperti gambar berikut ini, ketika mengakses suatu website atau bahkan website Anda sendiri:
ini adalah salah satu contoh halaman web yang ada tuju sudah disusupi oleh malware sehingga google memperingati kita agar tidak meneruskan membuka halaman ini karena banyak resiko yang akan terjadi karena kita tidak tau apa yng telah menyusupi halaman tersebut. dan pemilik halaman pasti sedang melakukan perbaikan perbaikan agar webnya tidak tersusupi.
dan jika anda adalah pembuat web maka mulailah mebersihkan file yang ada pada hosting anda dan hilangkan file file yang mencurigakan. setelah selesai atau bisa juga melakukan fress upgrade agar semua virus hilang dari hosting anda dan kemudian melanjutkan ke pemberitahuan kepada google kalau kita telah membersihkan halaman web kita. 
Penyebab Malware
Ada beberapa penyebab sebuah website terinfeksi malware, diantaranya: 
  • Penggunaan Plugin atau Theme Nulled. (baca selengkapnya)
  • Komputer yang digunakan untuk melakukan koneksi FTP atau cPanel terinfeksi malware/virus.
  • Bugs pada script websitenya yang memungkinkan bisa digunakan untuk menyusupkan file malware. Untuk CMS, salah satu faktornya disebabkan karena versi cms tidak pernah diupdate.
Ketika Google melakukan crawl pada website dan menemukan file malware, maka Google akan langsung memberikan warning atau notifiksi malware pada browser untuk melindungi pengunjung agar tidak terdampak malware pada website yang dikunjungi.
Solusi Website Yang Sudah Terkena Malware
Diantara Solusi yang dapat dilakukan :
1. Membersihkan komputer yang Anda gunakan dari virus atau malware menggunakan software antivirus terupdate.
2. Mengganti password cPanel dan FTP.
3. Membersihkan script malware di semua file website Anda.
4. Melakukan permintaan review kepada google menggunakan layanan google webmaster tools untuk menghilangkan pesan malware di website Anda.

semoga bermanfaat dan mendapatkan solusinya